Pertama kali saya memasuki dunia SI, saya berpikir saat kuliah nanti hanya otak kiri saya saja yang akan di asah. Karena saya pikir, SI hanya mempelajari system2 analisa saja. Padahal otak kanan lebih dahsyat daripada otak kiri. Namun ternyata semua perkiraan saya salah. Disini juga ada pengembangan otak kanan. Yaitu pada mata kuliah Ketrampilan Interpersonal berikut ini :
1. Be my team.
Aturan main. Semua maba berkumpul dan berbaris dibawah panggung. Bila sudah diberikan aba2 oleh para fasilitator maka pejamkanlah matamu. Kemudian mereka akan menyelipkan kertas ditanganmu, tetap dalam keadaan terpejam. Kertas itu berisikan nama kelompokmu nanti. Begitu diberikan aba2 untuk membaca kertas itu, maka janganlah berbicara dan janganlah bergerak kecuali sesuai dengan tingkah laku nama hewan dalam kertas itu. Ada 7 jenis hewan yang salah satunya adalah katak. Semua peserta kebingungan mencari teman yang memiliki tingkah laku dan suara yang sama. Untu membentuk tim. Dan jadilah timku!
Hikmah. Saat menunggu aba2 untuk membuka mata dan membaca isi kertas. Kita sebenarnya dilatih JUJUR untuk tidak membuka mata sebelum diperbolehkan fasilitator. Selain itu untuk menghilangkan rasa GENGSI kita. Karena mau atau tidak kita harus mempraktekkan nama hewan dalam kertas untuk memperoleh tim. Hal ini sangat bermanfaat, karena gengsi merupakan sifat yang menjadi musuh utama bila hidup berkelompok. Dan juga menumbuhkan sikap KEBERSAMAAN. Walaupun kita memiliki segala kekurangan namun harus tetap bersama karena kita samadengan sama. Game ini mengingatkan saya bagaimana bila kelak kita dikumpulkan dipadang makhsyar. Tidak saling mengenal satu dengan yang lain. Memiliki latar belakang yang berbeda-beda. Hanya bermodalkan golongan yang sama. Berhambur jadi satu. Bingung mencari kelompoknya Saling bertatap muka dan memperlihatkan ciri-cirinya masing-masing. Persis! Kita kelak juga akan dikumpulkan dengan golongan yang berbeda-beda. Mencari kesamaan yang ada pada dirinya Dan sungguh beruntung orang yang berdiri dalam golongan Rasulullah. Mereka tidak perlu bingung mencari. Karena golongan mereka akan nampak berbeda dengan cahaya diwajah mereka
Inspiring me. Kejujuran dalam game ini nampak sangat sepele, namun justru kejujuran sepele macam inilah yang sangat dibutuhkan dalam dunia kerja manapun. Tentunya untuk menumbuhkan sikap saling percaya yang lebih terhadap atasan dan customer. Orang yang gengsi akan memiliki seribu pertimbangan sebelum take action. Padahal untuk bisa sukses dalam segala hal, seperti yang diutarakan seorang pebisnis top, Ippho Santosa, diperlukan 9A yaitu action, action, action,…, and action!
2. Wuush Ball
The rulers. Bentuklah lingkaran yang agak luas. Dalam satu kelompok beranggotakan 15-20 orang dan seorang fasilitator. Kakak fasilitator, berada ditengah lingkaran, memulai lemparan bola kearah salah satu orang. Sebelum melempar diawali perkenalan sederhana. Kemudian si penangkap bola membalas terima kasih pada fasilitator dan memperkenalkan diri pula lalu bilang akan dilemparkan pada siapa. Begitu seterusnya. . . .
Filosofi. Manfaat adanya bola adalah sebagai penekanan. Apakah si pelempar bola benar2 ingin MEMPUNYAI TEMAN terlihat dari lemparannya yang tepat kepada temannya. Tidak terlalu keras dan tidak terlalu pelan. Begitu pula si penangkap bola. Dia akan menangkap dengan cepat sebagai tanda benar2 mau menjadi temannya. Perkenalan dengan cara ini sangat mempermudah untuk memperoleh teman karena diwarnai atmosfer seru disetiap lemparan.
Inspiring me. Arti terima kasih setelah menangkap bola adalah rasa syukur terhadap apapun yang kita peroleh kepada Sang Pencipta ataupun sesama manusia. Saat menangkap bola kita membutuhkan ketepatan, kecepatan, dan kecermatan yang ditranformasikan sebagai keahlian2 seorang pengusaha andal.
3. Yell-yell
Langkah2. Setiap kelompok harus mempunyai identitas dan membuat motto dan yell2. Setelah 15 menit, satu per satu kelompok tampil diatas panggung untuk memperkenalkan diri dan menunjukkan kekompakannya dalam yell2.
Faedah. Dalam waktu yang sangat singkat itu, kita, walaupun baru kenal, dituntut KEKOMPAKAN tinggi untuk menyajikan perform yang paling banyak mendapat sorakan. Hal ini akan memacu adu KREATIVITAS antar kelompok dan meningkatkan kepercayaan diri dihadapan publik. Sehingga menjadikan saya yang dulu demam panggung menjadi ketagihan untuk tampil di depan banyak orang, disorot banyak mata.
Inspiring me. Kreativitas adalah kunci utama dalam berbisnis. Semakin berbeda (tidak biasa), semakin kontroversial (tidak konvensional), dan semakin GILA akan semakin hebat! Maka setelah bermain game ini seolah menuntut untuk mencurahkan ide2 gila baru yang berpacu dengan para kompetitor dan waktu.
4. Cari teman sebanyak mungkin
Peraturan. Secara individu, catatlah nama, alamat, dan no HP temanmu sebanyak mungkin di selembar kertas yang telah diberikan fasilitator. Juga dalam waktu 15 menit, di haruskan para peserta telah menuliskan sedikitnya 30 identitas teman.
Manfaat. Dari awalnya malu bertanya kini berubah menjadi ingin bertanya, siapa kamu. Game ini menjadikan perasaan sungkan atau malu2 kucing sirna begitu saja. Tanpa disadari kita telah memperpanjang ikatan tali silaturrahmi. Juga menjadikan kita lebih disiplin waktu. Dengan dibatasinya waktu dan diberi batas minimal teman yang direkrut. Maka kita akan terpacu untuk merangkul teman sedikitnya sampai batas minimal itu.
Inspiring me. Cara ini membuat kita terinspirasi untuk memperluas jaringan teman atau link yang sangat berguna tentunya saat memulai bisnis nanti. Kita tidak perlu memilih dan memilah teman karena sebenarnya semua orang memiliki kelebihan masing2 yang bisa kita pelajari atau untuk membantu perkembangan bisnis kita.
0 komentar:
Posting Komentar